Kaget Tiba-tiba Anak Marah Dan Memukul

Pernahkah kaget tidak ketika Si Kecil tiba-tiba suka memukul, marah tidak jelas dan suka guling-gulingan saat di suruh pulang atau menyudahi aktivitasnya? Saya pernah dan saya kaget sekali. 
As a new mom, dan saat ini anak saya berusia 15 bulan, saya kaget melihat perilakunya yang bisa mengamuk jika dilarang melakukan sesuatu. Setelah saya pelajari, ini yang dinamakan tantrum.
Mengutip dari beberapa buku yang saya baca, mengapa bayi terkena tantrum itu karena kehilangan kontrol emosional yang mendadak.
Ada berbagai faktor penyebab tantrum, dan bila kita dapat mengetahuinya, barulah kita bisa menenangkannya dan mungkin bahkan mencegah terjadinya tantrum. 
Adapun beberapa jenis penyebabnya dan cara mengatasinya :
  • Kelelahan - bisa diatasi dengan menidurkan bayi
  • Lapar - atasi dengan segera berikan makanan atau susui
  • Takut - atasi dengan menggendong dan memeluk bayi, pindahkan bayi ke tempat dimana ia merasa aman
  • Kesulitan komunikasi - coba pahami apa keinginannya, dorong dirinya untuk bisa mengutarakan maksudnya
  • Menolak adanya perubahan - berikan waktu agar bayi bisa beradaptasi.
  • Stimulasi berlebihan - pindahkan Si Kecil  ke tempat yang lebih tenang.
Semoga bermanfaat bagi new moms yang lain.

Comments