Barang-Barang Persiapan Bersalin

Di minggu kehamilan yang ke-35 ini, saya sudah mempersiakan persalinan dan barang-barang apa saja yang kira-kira menjadi kebutuhan saat saya bersalin nanti. Tetapi sebelumnya, saya sudah memeriksa dengan rumah sakit tempat saya bersalin nanti barang apa saja yang sudah tersedia yang tidak perlu saya persiapkan. 
Berikut adalah beberapa barang yang sudah saya persiapkan.
  • Untuk baby :
  1. 6 pcs baju baby (pengalaman dulu bawa baju cuma 3pcs kurang karena di rawat sampe 3 hari) 
  2. Topi, sarung tangan dan kaki 
  3. 6 pcs bedong
  4. Selimut topi untuk di pakai pulang dari RS
  5. Popok newborn (biasanya saya siapkan 1 pack)
  6. Peralatan mandi bayi seperti shampoo, sabun, minyak telon, diaper cream, dll (biasanya di RS juga sudah tersedia tapi saya selalu bawa cadangan untuk berjaga-jaga)
  7. Kapas pembersih dan tissue basah
  8. Selimut 
Untuk mama :
  1. Baju yang ada kancing depannya atau yang nyaman di gunakan untuk menyusui baby (digunakan saat keluar dari RS) 
  2. Camilan (pengalaman hamil pertama sempat kelaparan dan susah banget cari makanan)
  3. Bawa buku atau mp3 untuk menunggu bukaan
  4. Bawa cas hp
  5. Sandal jepit 
  6. Peralatan mandi
  7. Pompa ASI dan botol penyimpanan
  8. Pembalut setelah melahirkan
Untuk papa :
Kebetulan rumah dekat sekali dengan RS, jadinya suami saya bisa pulang untuk mandi di rumah. 
Berkas :
  • Kartu BPJS 
  • Buku ibu dan anak
  • Copy KTP dan asli
  • Copy Kartu Keluarga dan asli
  • Copy Akta Nikah dan asli
  • Surat rujukan BPJS 
  • Hasil cek up sebelumnya
  • Hasil cek darah dan urine
NB : untuk berkas, saya selalu prefer bawa aslinya biar lebih mudah. 
Semoga bermanfaat.

Comments